09 Oktober, 2009

Pentium 4 Bermasalah ?

Kedatangan prosesor baru selalu disambut dengan meriah, seperti juga kedatangan intel pentium 4 nya yang segera menggantikan intel pentium 3. Kita tentunya selalu membayangkan bahwa datangnya prosesor baru dengan software aplikasi selalu kompatible dan yang paling penting hanyalah dukungan pada system operasinya, tapi karena prosesor yang kompatible ke belakang, maka selama ini selalu tidak bermasalah. Namun hal ini tidak berlaku pada Intel Pentium 4-nya.

Jika saat ini anda telah membeli server dengan intel Pentium 4 (Jika telah tersedia), maka anda harus extra hati-hati terhadap isu kompabilitas terhadap aplikasi seperti yang penulis coba pada Oracle 8.

Percobaan instalasi server Oracle 8, langsung bermasalah ketika CD oracle dimasukkan ke dalam CDROM karena autorun langsung ngadat. Ketika program aplikasinya di klik untuk dijalankan ternyata juga bermasalah dan program instalasinya ngadat. Setelah agak putus asa dengan segala percobaan, saya menghubungi pihak intel dan dijawab bahwa intel pentium 4 memang tidak kompatible dengan oracle.

Tapi jangan kecewa dulu, ternyata instalasi Oracle tetap bisa anda lakukan dengan beberapa trik yang diberikan oleh intel yang mungkin tidak dipublikasikan secara luas. Masalah ini ternyata telah muncul sejak awal pentium 4 dikeluarkan dan solusinya baru di berikan oleh intel pada bulan sekitar juni - oktober 2001 ini.

Adapun cara yang diberikan agar anda bisa instalasi software oracle di pentium 4 adalah sebagai berikut :

1. Install SP terbaru

2. Buatkan direktory tempolary (contoh c:\temp)

3. Copy semua isi CD oracle anda kedalam direktory tempolary tersebut (point 2)

4. Cari semua file SYMCJIT.DLL

5. Ganti nama semua SYMCJIT.DLL menjadi SYMCJIT.OLD

6. Jalankan program setup.exe dari direktory \temp\install\win32



Setelah menjalankan trik diatas anda akan bisa menginstall oracle 8 di intel pentium 4 tapi apakah masalah kompabilitas selesai ? tentunya kita masih belum mengetahui seberapa banyak aplikasi lagi yang memerlukan trik semacam ini dan buktinya instalasi beberapa aplikasi tetap bermasalah seperti SAP, sehingga saya memilih sementara tetap menggunakan Pentium 3 dahulu sampai Intel dan pihak software menyelesaikan masalah kompabilitas ini... ;)